Bikin Fluffy Chocolate Pancake Bareng Ali

Menanti anak bisa berbicara adalah satu diantara begitu banyak momen yang dinantikan. Perkembangan bahasa Ali tidak nampak ada yang terlambat. Tapi faktanya, di usia 24 bulan Ali belum bisa menyebutkan 1 kata dengan lengkap. Kalau lihat indikator tumbuh kembang anak, usia 24 bulan itu minimal sudah bisa merangkai 2 kata. Sempet cemas gak? Pastinyaaaa...


Lalu apa yang saya lakukan? Fokus pada stimulasi tumbuh kembang, dengan cara bermain dan berkomunikasi dengan baik dan produktif. Membaca buku, senantiasa mengajaknya berdialog saat melakukan kegiatan.


Dan.. tibalah di usia 30 bulan, Ali bisa bicara 2 kata! 

"Meng... kemana?" 

"Mau.. makan.."

"Ayo main!"


Terharu gak? Terharu.... 

Tapi ada kata-kata yang bikin keder sekeluarga...

"Main bowaaaa!" 

"Pigi giga..." (Pergi ke taman segitiga)


Ampuuun... dia sekarang doyan ngajak main bola, pagi siang sore.. 🙄


Kadang kalau energi lagi cukup... ya diturutin lah maunya main apa.. kapan aja...

Tapi seringnya sebisa mungkin disampaikan..

"Bunda gak bisa main bola siang-siang. Panas banget.. Kita Main di teras aja ya."


Kadang berhasil.. sering juga dia ngamuk dulu gedor-gedor pager. Tapi... bunda stay calm. 😎


Selain main bola dan pergi ke taman.. ada lagi yang suka bikin menghela nafas.

"Bikin kek! Ngauuuuung (pakai mixer)"


Gustiiiii punya anak cowok, selain doyan berjemur dia juga doyan baking. Terus bikin apa? Kalau lagi mood.. kita bikin bolu jadul. Tapi sekarang lebih sering  bikin fluffy pancake pakai pemanggang roti. 😁😂



Kenapa? Biar masaknya gak pegel.. karena sekali panggang bisa 4 buah. Kalau masak di wajan-kompor, cuma bisa 2 buah. Terus bisa nyantai.. karena gak perlu dibalik pancake nya. 

Aku pakai resep dari channel favorit aku, Ceceromed Kitchen



Tuh lihat yaaaa.. belum mateng aja udah ngembang bagus.. dan kelihatan fluffy.... 



Jadinya cantik yaaaa... Ali juga seneng banget sama prosesnya.. karena kita bisa santai sambil duduk di depan pemanggang rotinya.

1 resep bisa bikin 25 pancake. Maunya sih disimpan untuk stok camilan.. Tapi di rumah ada 5 orang (Nisrin lagi mondok di pesantren). Jadinya pancake habis bersamaan dengan selesainya memanggang. 😂 

Kayaknya perlu pancake maker yang muat 12 pcs pancake. 🤣


Bagi Ali... kegiatan bikin pancake ini adalah kegiatan bermain. Dia mainin tepung, adonan, dan bermain peran sebagai koki dan penjual pancake. 

Bagi saya.. ini proses latihan melawan rasa males masak dan melatih kesabaran.. karena pastinya banyak kekacauan terjadi.

Bagi kakaknya... ini adalah rehat dari dikejar dan dipepet Ali yang ngajak main.

Bagi ayahnya.. ini termasuk penghematan juga kayaknya. ☺️ Karena gak perlu nge go food martabak manis atau brownies. 😄


Disiram pakai saus coklat silverqueen 🤤


Atau dicocol aja... cara ini lebih kita suka sih.. 😁


Resep Pancake Coklat by Ceceromed Kitchen:

Bahan-bahan pancake coklat

Bahan 1:

4 kuning telur 

6 sdm gula pasir 

1 /4 sdt garam 

2 sdm minyak goreng 

70 gram tepung terigu (sekitar 5 sdm) 

15 gram coklat bubuk (sekitar 3 sdm) 

1 /4 sdt vanili bubuk 

I sdt baking powder 

4 sdm susu cair coklat (boleh diganti susu cair putih) 


Bahan 2:

4 putih telur 

I sdt airjeruk lemon/nipis 


Bahan-bahan saus coklat: 

100 gram dark cooking chocholate 

100 ml susu cair 


Cara masaknya cek sendiri di Channel Ceceromed ya... 😁

Tidak ada komentar:

Posting Komentar