Rabu, 08 November 2017

Memberikan Kepercayaan

Minggu ini, anak-anak Perpus Ambu akan mengadakan acara SAPA. Suara Anak Perpus Ambu. Istimewanya, kegiatan kali ini mereka inisiasi secara mandiri. Mulai dari perencanaan, persiapan dan pengumpulan dana. 

Nisrin, Astri dan Ani semangat membuat aneka printable. Kadang gemas melihat hasilnya. Ini kurang ke tengah, atau font nya kenapa begitu, kenapa tidak ditambah elemen lain. Oops.. Tapi gak boleh seperti itu. Mereka sedang belajar, jadi harus diaptrsiasi. Nanti mereka akan belajar setelah melihat hasil karya mereka sendiri. Biarkan mereka yang mengevaluasi.


Anak-anak juga berulang kali mengatakan, "Iya Bunda... Acaranya udah Kita siapkan". Tapi saya masih gamang dan terus saja bertanya. Kalian udah siapkan presentasinya? Hasil karya yang mau dipamerkannya mana? Gimana Kalau dikumpulkan dari sekarang? Hfft... Sepertinya cara seperti itu malah bikin mereka sebal dan rasa kepercayaan dirinya malah bisa berkurang.

Jadi, Saya ubah strateginya. Saya bertanya pada anak-anak. Kalian mau bikin apa aja? Tulis keperluannya, dihitung, nanti kalian beli sendiri.

Dan.. Mereka langsung antusias. Saya juga minta mereka pegang uang kas, dan membuat pembukuan kasnya. Astri dan Ani perlu mengulang penulisan sampai 3X supaya catatannya rapi. :D


Setelah berbelanja keperluan yang tadi mereka catat. Saya kembali bertanya, Kalian sudah punya gambaran, setting ruangannya? Dekorasinya?

"Kita tadinya pengen pakai balon-balon. Hiasan kaya ulang tahun."

"Katanya kalian ingin dekorasi ruangan yang cocok untuk remaja?"

"Yah.. Gak apa-apa Bunda, lagian di sini banyaknya anak kecil. Kita ngalah aja deh.. Yang penting seru."

Hehehehe... Emang betul, anak #gankperpus yang sudah remaja sebetulnya ingin mengubah suasana perpus menjadi lebih youthful. Tapi mereka juga bingung, karena anak yang berkunjung dan aktif meramaikan, justru masih berusia PAUD s.d 3 SD. 

Setelah mereka yakin dengan konsepnya, saya bebaskan mereka untuk dekor ruangannya. 


Hari Kamis, rencananya mereka akan mengumpulkan anak-anak lain supaya bisa membuat hasta karya bersama. 

Baiklah.. Percayakan. 

#ThinkCreative
#KomunikasiProduktif
#KuliahBundaSayang
#InstitutIbuProfesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar