Minggu, 05 November 2017

Fast Food Night

Menyediakan makanan yang sehat, enak dan disukai anak. Menurut teman-teman itu kewajiban, kebiasaan atau tantangan?

Kalau Saya, jujur saja itu tantangan besar. Selain karena memasak belum menjadi passion, Saya juga belum cukup telaten untuk mengupgrade keterampilan di dapur. 

Untuk makanan sehat, andalan saya adalah Sarapan Buah dan sesekali membuat jus sayur. Catet yaaa... Sesekali. 😂
Ditambah kurma madu dan susu kedelai. Alhamdulillah Anak-anak suka. Jadi Saya anggap, anak-anak sudah cukup mendapat nutrisi yang sehat. Hehehe...

Untuk makanan yang enak.. Gak usah ditanya yaa... Kami keluarga doyan ngemil. Jadi pasti seneng makanan yang enak-enak.
Untungnya... Bagi anak-anak, rujak tomat, roti dan perkedel jagung aja udah enak banget.. Gak perlu dessert mewah. Kalau pun ada, ya memang rejekinya. 

Nah yang paling susah adalah menyiapkan makanan utama yang menarik. Ya karena memasak belum jadi passion, rasanya berat banget kalau harus menambah jam terbang di dapur. Alhasil suka gemes kalau nasi, lauk pauk dan sayur yang itu-itu aja kurang disambut dengan antusias. 

Tapi ada yang bisa membuat makanan yang itu-itu aja menjadi lebih menarik. Yaitu.. 
  • Izinkan mereka untuk plating makanan sendiri, dengan tambahan saus tomat mayonaise bahkan keju. 
  • Beri extra meal seperti sosis atau baso.
  • Jika ada kentang goreng, sediakan bumbu untuk taburan.

Seperti hari ini, anak-anak kurang semangat makan nasi dan lauk pauknya (Saya juga sebenarnya), bawaannya pengen ngemil... aja. Jadi setelah isya.. Dan terasa mulai lapar,  Kami mengadakan Fast Food Night. Kami menggoreng kentang, cireng, emping dan memanggang sosis. 

Anak-anak sangat bersemangat, mereka menata makanannya sambil berimajinasi. Evelyn menyusun kentang goreng menjadi huruf, dan bertanya pada kami bagaimana cara membacanya. Kirei membuat bentuk boneka. Banyak cerita yang mengalir, dan membuat kami betah untuk duduk bersama. 


Setelah selesai makan, tidak lupa mengingatkan anak-anak untuk minum air putih dan sari kurma sebagai nutrisi tambahan. 

Mungkin lain kali kami harus berusaha menyiapkan menu-menu serupa yang lebih sehat.. Misalnya membuat stock homemade nugget/sausage/french fries sendiri. Sehingga Fast Food night bisa diadakan lebih sering. 

Fast food night ini bisa membuat mood anak-anak jadi bagus. Setelah makanan habis, mereka dengan senang hati mencuci piring sendiri, bergegas untuk menggosok gigi, kemudian berkreasi.

Evelyn membuat multi frame dari kardus, dan membuat chalk holder.


"Bunda.. Aku mau jualan alat pemegang kapur. Jadi kalau nulis-nulis pakai kapur, tangannya gak kotor. Dan ada penghapusnya, praktis. Aku bikinnya cuma dari sedotan dan kain bekas."

Alhamdulillah.. Senangnya melihat mata Evelyn yang berbinar-binar ketika menunjukkan hasil kreasinya. 

Fast Food Night again? Yes! :D

#ThinkCreative
#KomunikasiProduktif
#FamilyForum
#KuliahBundaSayang
#InstitutIbuProfesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar